1

Rokok, Bikin Ilfeel!

1

Mungkin kita familiar dengan kalimat “Merokok Membunuhmu”, bukan? Setidaknya kalimat ini lebih singkat dan mudah diingat daripada kalimat “Merokok dapat menyebabkan blablabla”. Namun, pada kenyataannya, banyak orang hanya menganggap peringatan tersebut sekadar tulisan yang tidak penting. Padahal, peringatan di bungkus rokok tersebut ditemani dengan gambar mengerikan akibat merokok. Tetapi hal tersebut nyatanya tidak membuat para perokok aktif menanggalkan rokoknya. Hmm.

 

Oke, peraturan tidak dibuat secara singkat. Peraturan dibuat melalui proses panjang. Peraturan dibuat tidak asal-asalan. Apalagi peraturan pemerintah, tentu dibuat demi kemaslahatan masyarakat banyak. Begitupula dengan pelarangan merokok. Pemerintah memiliki alasan kuat kenapa perokok harus berhenti merokok. Ini bukan tentang mempermiskin petani tembakau, kok. Ini semua tentang kesehatan kita. Kalau pemerintah dan aktivis anti rokok mengampanyekan “STOP ROKOK”, mereka sayang sama kita (terutama sama kalian yang perokok aktif). Mereka rela membuat kebijakan seperti itu dengan anggaran yang lumayan besar untuk memperhatikan kesehatan kita. Lalu, kenapa kita masih bandel mengonsumsi rokok?

 

Banyak perokok tahu kalau merokok itu mengundang penyakit. Gimana nggak, dengan merokok, kita mengisap berjuta bahan kimia yang tidak pantas untuk dikonsumsi, yang pada akhirnya menimbulkan penyakit jantung, kanker dan penyakit mengerikan lainnya. Tidak hanya itu, ketika kita merokok, kita tidak hanya mengundang penyakit kedalam tubuh kita sendiri, namun juga menyumbang penyakit kepada orang lain yang menghirup asap rokok milik kita. Nah loh, tambah dosa dong?

 

Merokok itu nggak keren, percaya deh. Lebih keren lagi kalau kita tidak merokok. Saya pernah lihat wanita cantik banget lagi antre di halte busway Dukuh Atas. Disampingnya ada pria (menurut saya sih lumayan cakep) sedang mengisap rokok. Bukannya jatuh cinta, wanita cantik tadi malah menegur si pria perokok tadi, “Hey, mas. Asapnya tuh kemana-mana.” Ungkapnya seraya mengomel. Nah, itu salah satu contoh kalau merokok itu tidak membuat orang lain respect. Yang ada ilfeel. Yuk, hidup sehat tanpa rokok!

No Comment

Tinggalkan Balasan

*

*